Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk menganalis prinsip –prinsip desain komunikasi visual berupa warna, tata letak (layout), dan tipografi pada brosur periode 2014 – 2019. Kemudian brosur dianalisis untuk mendeskripsikan prinsip – prinsip desain komunikasi visual pada brosur SDIT Al – Munadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana desain brosur SDIT Al – Miunadi Medan periode 2014 – 2019 sebagai objek penelitiannya. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikam prinsip – prinsip desain komunikasi tampilan brosur SDITAl – Munadi Medan. Data diperoleh dari kajian – kajian teori tentang interpretasi yang ada sebagai data utama dan pendapat validator sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh desain brosur SDIT Al – Munadi Medan periode 2014 – 2019 menerapkan elemen warna, tata letak (layout), dan tipografi. Warna hijau, biru, kuning, oranye pada background dan pada teks warna hitam, putih, merah, biru, kuning, hijau, ungu, oranye. Pada tata letak (layout) terdapat urutan I, C, L, dan Z dengan alur baca kiri ke kanan, keseimbangan (balance) asimetris, penekanan (emphasis) menggunakan huruf tegas dan warna kuat, dan kesatuan (unity) terdapat kesamaan unsur yang diterapkan . Lalu tipografi menggunakan klasifikasi huruf serif, sans serif, script dan terdapat variasi font dalam satu brosur. Secara kualitatif brosur SDIT Al – Munadi Medan Periode 2014 – 2019 dapat dikategorikan baik dengan kualifikasi 83,46.