Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis arsir yang tepat, dan bagaimana cara menerapkan arsirannya dengan tepat pada karya gambar fauna. Serta untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan dalam menerapkan arsiran yang dapat menghasilkan kesan tiga dimensi pada karya gambar fauna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan populasi sebanyak 180 siswa dan sampel 30 orang siswa kelas VII yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan gambar bebek yang dibuat oleh peneliti. Teknik analisis yang diterapkan yaitu analisis deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan teori yang diperoleh melalui pengumpulan data-data dari lapangan, kemudian data tersebut dianalisis dan dideskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil yaitu sebanyak 20% siswa memperoleh nilai B (baik), sebanyak 63,3% siswa memperoleh nila C (cukup baik), dan sebanyak 16,6% siswa memperoleh nilai D (kurang baik). 50% siswa memperoleh nilai di atas rata-rata, dan 50% siswa memperoleh nilai di bawah rata-rata. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan cukup baik. Setengah dari jumlah keseluruhan sampel berhasil menerapkan jenis arsiran yang tepat, dan dapat menerapkan letak dan arah arsirannya dengan baik. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan mengarsir siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan termasuk cukup baik, yaitu tidak terlalu bagus dan tidak terlalu buruk.