Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena peneliti merasa banyaknya ditemukan masalah pada karya kaligrafi kontemporer di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Binjai diantaranya yaitu sebagian karya siswa tidak memahami perpaduan warna yang benar, dalam segi keterbacaan huruf masih belum terbaca, kurangnya oalahan pada huruf, dan karya kaligrafi masih banyak ditemukan kesalahan pada penulisan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari, mengetahui, menggambarkan, menguraikan dan menganalisa pemilihan warna dan keterbacaan huruf pada karya kaligrafi kontemporer karya siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Binjai tahun ajaran 2018 s/d 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai acuan. Subjek dari penelitian ini adalah kaligrafi kontemporer karya siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 15 Islam Terpadu Binjai ditinjau dari keterbacan huruf dan warna sebanyak 8 karya kaligrafi kontemporer. Hasil keseluruhan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa karya kaligrafi golongan kontemporer dinilai dari keterbacan huruf dan warna dinilai cukup baik. Hasil keseluruhan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa karya kaligrafi golongan kontemporer dinilai dari keterbacan huruf dan warna dinilai cukup baik. Dengan nilai rata-rata 81,05 untuk keterbacaan huruf dan 80,42 untuk warna.