Pengaruh Pembelajaran Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Makanan Kontinental Siswa SMK Pariwisata Imelda Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Google Classroom pada pelajaran Makanan Kontinental (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pembelajaran Google Classroom pada pelajaran Makanan Kontinental (3) Pengaruh pembelajaran Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Makanan Kontinental. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Pariwisata Imelda Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan dengan teknik total sampling yang berjumlah 64 siswa. Waktu penelitian pada bulan Juni-September 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar Makanan Kontinental yang menggunakan pembelajaran Google Classroom termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 60,00 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar Makanan Kontinental yang tidak menggunakan pembelajaran Google Classroom termasuk kategori cenderung cukup sebesar 62,50 persen. Hasil analisis uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pembelajaran Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Makanan Kontinental dengan nilai t_hitung > 〖 t〗_tabel (7,25 > 1,67) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya pembelajaran Google Classroom mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental