Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran projected motion pada pelajaran Boga Dasar; (2) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media Projected Motion pada pelajaran Boga Dasar; (3) Pengaruh penggunaan media projected motion terhadap hasil belajar Boga Dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Negeri 10 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 10 Medan. Teknik pengambilan sampel secara random sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Waktu penelitian bulan September – November 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar dengan menggunakan media projected motion berada pada kategori tinggi sebesar 88,57 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar tanpa menggunakan media projected motion termasuk pada kategori cukup sebesar 68,57 persen. Hasil analisis uji t terdapat pengaruh penggunaan media projected motion terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar dengan nilai thitung > ttabel yaitu (3,981> 1,690) pada taraf siginifikan 5 persen. Artinya penggunaan media projected motion dapat mempengaruhi hasil belajar Boga Dasar.