Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Sejarah di Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Dalam pelaksanaannya, peneliti meneliti dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menerapkan dua jenis perlakuan yang berbeda. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 2 Medan dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 110 orang siswa. Pengambilan sample ini menggunakan teknik Random. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pada kelas X IPA 5 adalah sebesar 79,86 dan nilai rata-rata untuk kelas X IPA 6 adalah sebesar 68,86. Hasil uji normalitas data pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,136 < Ltabel = 0,149 dan hasil uji normalitas kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,105 < Ltabel = 0,149. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,68 dan Ftabel 1,75 dengan taraf signifikan α=0,05 sehingga Fhitung< Ftabel. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Tabel distribusi t diperoleh t_tabel= 1,980 dengan α =0,05 dengan dk n_1+n_2-2=68. t_hitung yang diperoleh adalah sebesar 4,372. Maka dapat disimpulkan bahwa bahwa t_hitung 〖>t〗_tabel atau 4,372 >1,980 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Sejarah di Kelas X IPA SMA N 2 Medan.