PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 KISARAN T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengembangan instrumen penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill), dan mengetahui kualitas instrumen penilaian berbasis HOTS (Higter Order Thinking Skill) pada mata pelajaran geografi materi pengetahuan dasar geografi kelas X SMA Negeri 1 Kisaran T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa yang ditentukan menggunakan stratified random sampling. Tehknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kemudian dianalisis dengen menggunakan tehnik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada uji coba lapangan atau field test diperoleh reliabilitas tes sebesar 0,901 dan diperoleh 15 butir soal (75%) memiliki daya pembeda sangat baik, 1 butir soal (5%) baik, 4 butir soal (20%) buruk. Kemudian pada tingkat kesukaran diperoleh 19 butir soal (95%) pada kategori sedang (0,3≤