PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MIS SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan T.P 2019/2020 sejumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan post test. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar belajar siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan dengan rx1y = 0,330; rtabel = 0,250; thitung = 2,708; ttabel = 1,671 pada taraf signifikan 5%. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar belajar siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan dengan rx1y = 0,223; rtabel = 0,250; thitung = 1,938; ttabel = 1,671 pada taraf signifikan 5%. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar belajar siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan dengan Fhitung = 3,99; Ftabel = 3,15 pada taraf signifikan 5%. Persentase kontribusi lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi siswa = R2 = 11,6%. Hasil ini mengindikasi bahwa hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar sebesar 11,6%, sedangkan sisanya 88,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.