Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung. Penelitian ini menggunakan bahan ajar modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitin ini adalah siswa kelas XI Program DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan berganda dan lembar penilaian keterampilan. Dari hasil penelitian pada siklus I bahwa hasil belajar siswa untuk nilai pengetahuan dan keterampilan rata-rata 81,76 pada kategori baik ,dan persentase ketuntasan klasikal 75% (21 orang). Sedangkan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 84,31 dan persentase ketuntasan klasikal 100% (28 orang). Hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan sebesar 25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis penelitian diterima, hal ini ditandai dengan penerapan bahan ajar modul pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung dapat meningkatkan hasil belajar siswa