PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA CERDAS MURNI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Cerdas Murni. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrument pengumpulan data meggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai signifikasi yang diperoleh dari hasil penghitungan lebih kecil dari tingkat alpha 0,05 yang membuktikan bahwa data sampel terbukti berdistribusi normal. Varian sampel-sampel terbukti homogen dengan hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai signifikasi yang diperoleh dari hasil penghitungan lebih kecil dari tingkat alpha 0,05. Nilai rata-rata dikelas eksperimen sebesar 68,38 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 36,02 sehingga dapat disimpulkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu 68,38 > 36,02. Setelah melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diketahui bahwa nilai signifikasi hasil thitungsebesar 28,109 lebih besar dibandingkan nilai taraf signifikan sebesar 0,05 pada dt 82 yaitu ttabel = 1,6636, sehingga hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Cerdas Murni Tahun 2020.