Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pengembangan media dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif mata pelajaran geografi materi dinamika planet bumi dan tata surya berbasis Adobe Flash bagi siswa kelas X SMA Negeri 4 kisaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D), yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan sepuluh langkah pelaksanaan penelitian. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil 2019/2020. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IS 1 SMA Negeri 4 Kisaran dengan jumlah 35 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada validasi media flash tahap 1 memperoleh nilai kelayakan sebesar 84,87% dengan kriteria layak direvisi seperlunya. Validasi tahap 2 mengalami peningkatan perolehan nilai kelayakan media flash sebesar 94,44% dengan kriteria sangat layak tanpa revisi. Dengan demikian secara keseluruhan media pembelajaran geografi berbasis adobe flash dikatakan berhasil dan layak digunakan sebagai media belajar di kelas.