ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI INVERTEBRATA KELAS X IPA SMA NEGERI 6 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 2 SMA pada materi Invertebrata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan soal test essay. Soal yang diterapkan pada siswa dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yaitu indikator interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanansi dan regulasi diri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang atau cukup yaitu 64,3. Untuk setiap setiap indikator kemampuan berpikir kritis adalah sebagai berikut indikator interpretasi sebesar 77,9 dengan kategori sedang, indikator analisis sebesar 72,7 dengan kategori tinggi, indikator evaluasi 55,4 dengan kategori sangat rendah, indikator inferensi sebesar 40,4 dengan kategori sangat rendah, selanjutnya indikator eksplanansi sebesar 67,0 dengan kategori 5,40 dengan kategori rendah dan indikator regulasi diri sebesar 72,4 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong sedang dan perlu ditingkatkan terutama pada indikator evaluasi dan inferensi yang masih sangat rendah. Kemampuan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan dan dilatih lagi, metode pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif akan mempengharui semangat belajar juga kemampuan berpikir kritis.