Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebermanfaatan bimbingan skripsi dalam jaringan (Daring) atau Online serta perilaku mahasiswa yang menerapkan bimbingan skripsi online dan offline di Prodi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan. Acuan teoritis yang digunakan adalah teori determinisme teknologi Marshall McLuhan. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kajian ini menyimpulkan bahwa hambatan yang muncul adalah mahasiswa tidak memaksimalkan model bimbingan online, Dosen Pembimbing Skripsi lama membalas, dan kesulitan dalam memahami instruksi. Dampak positif yaitu (i) fleksibilitas waktu dan tempat, (ii) hemat biaya, (iii) paperless, (iv) bentuk pemanfaatan perkembangan teknologi di dunia pendidikan. Dampak negatif yaitu kurangnya interaksi sosial secara langsung yang dikhawatirkan berujung kepada tidak leluasanya mahasiswa dalam berdiskusi dengan Dosen Pembimbing Skripsi. Bentuk perilaku mahasiswa dengan model bimbingan skripsi online ialah etika, gaya bahasa, dan tingkat kesopanan mahasiswa tetap terjaga dan cenderung mengunakan bahasa yang baku. Sedangkan perilaku mahasiswa yang menerapkan model bimbingan offline ialah mahasiswa lebih menjaga gerak fisik agar tetap terlihat sopan, dan gaya berkomunikasi cenderung lebih santai dengan menggunakan gaya bahasa campuran, yaitu bahasa baku dan bahasa santai.