Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembinaan Sikap Toleransi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula Tahun Pelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang belum diketahuinya secara keseluruhan pembinaan sikap toleransi di kelas VII SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembinaan sikap toleransi di kelas VII SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula Kab.Samosir. Jenis penelitian ini adalah deskritif kuantitatif senderhana yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan cara Observasi secara langsung ke SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula, menyebar angket, dan melakukan dokumentasi/ studi pustaka. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 187 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula, sampel ditentukan dengan teknik Random sampling (sampel acak) sebanyak 56 siswa. Maka hasil yang didapatkan 70% di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula sudah ada Sikap toleransi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam menanamkan sikap toleransi yaitu melalui kebijakan sekolah yaitu melalui visi, misi, tujuan, dan juga peraturan sekolah, membiasakan siswa melalui kegiatan rutin dengan cara membiasakan siswa untuk bersalaman dengan guru dan berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing, melalui keteladanan dengan cara memberikan contoh sikap toleransi kepada para siswa, melalui pengkondisian di dalam maupun di luar kelas, membantu siswa melihat persamaan, melatih siswa melihat perbedaan sejak dini, dan mengintegrasikan dalam mata pelajaran. Dalam pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan penanaman sikap toleransi kepada para siswa, dalam penanaman sikap toleransi ditemui kendala yaitu guru masih kesulitan dalam menanamkan sikap toleransi kepada siswa yang nakal.