KEDISPLINAN GURU PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 STM HULU KAB. DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang rendahnya hasil belajar mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 STM Hulu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peran kedisiplinan guru PPKn terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dimana dalam penelitian ini tidak ingin mencari hubungan antara kedisplinan dan hasil belajar siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung ke SMP Negeri 1 STM Hulu, menyebar angket, dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 STM Hulu yang berjumlah 120 siswa yang dimana yang menjadi sempel dalam penelitian ini yaitu 25% dari populasi yakni 30 siswa yang diambil secara acak sederhana (Random Sampling). Penelitian ini terdiri dari dua variabel. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu guru PPKn dalam mengajar sudah lebih disiplin dan hasil belajar siswa secara keseluruhan diatas niali KKM dibandingkan dengan tahun-tahun yang sebelumnya dimana sekarang guru dalam mengajar selalu tepat waktu datang kesekolah mau pun masuk atau keluar kelas dan guru PPKn juga selalu memeriksa setiap pekerjaan siswa. Dari hasil penelitian setelah data diperoleh maka dapat diketahui dari jawaban responden bahwa persentase jawaban adalah 55,56 %. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa kedisplinan guru PPKn terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 STM Hulu sudah sudah lebih baik.