Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Kelas XI IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan sebanyak 136 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas dimana teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar berupa pretest dan posttest, yaitu sebanyak 40 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reabilitasnya. Hasil belajar pretes siswa-siswi yang akan dibelajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw memiliki rata-rata 55,08 ± 15,91 sedangkan postesnya 86,58 ± 7,77. Sementara itu, hasil belajar pretes siswa-siswi yang diajar dengan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) memiliki rata-rata 51,04 ± 19,69, sedangkan hasil belajar posttestnya 73,32 ± 8,63. Hasil belajar siswa-siswi yang dibelajarkan dengan Model Jigsaw (86,58) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) (73,32). Oleh karena itu hipotesis nihil (Ho ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.