Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Pedagogical Content Knowledge Guru Biologi SMA Sekota Medan Pada Materi Plantae T.P. 2019/2020. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Februari–April 2020 di SMA Sekota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sebanyak 30 guru biologi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif mengikuti konsep yang dikemukakan Niels dan Huberman yang meliputi tiga alur kegiatan yakni Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Data dikumpulkan menggunakan Tes. Hasil menunjukkan bahwa Profil Pedagogical Content Knowledge Guru SMA Sekota Medan berdasarkan tujuh komponen yaitu pengetahuan pedagogik umum memiliki nilai rata-rata 65,7% (kurang baik), pengetahuan konten pedagogik memiliki nilai rata-rata 40,94% (tidak baik, pengetahuan peserta didik dan karakteristiknya memiliki nilai rata-rata 45,71% (tidak baik), pengetahuan materi pembelajaran memiliki rata-rata 86,96% (baik), pengetahuan konteks pembelajaran memiliki nilai rata-rata 39,04% (tidak baik), pengetahuan strategi mengajar memiliki nilai rata-rata 44,75% (tidak baik) dan pengetahuan kutikulum memiliki nilai rata-rata yaitu 47,61% (tidak baik). Secara keseluruhan disimpulkan Profil Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki guru-guru Biologi SMA Negeri Sekota Medan adalah Kurang baik.