PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMA TAMAN SISWA MEDAN T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada materi ekosistem DiKelas X SMA Taman Siswa Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian TwoGroup Pretest�Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Di kelas X IPA Taman Siswa berjumlah 54 orang yang ditentukan dengan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang telah di divalidasi oleh validator. Kemudian langkah selanjutnya adalah memberikan tes kepada kedua kelas. Perlakuan pretes pada kedua kelas antara kelas eksperimen dan kontrol sama yaitu, tanpa adanya perlakuan berbeda diantara kedua kelas. Setelah selesai perlakuan pertama, diberikan perlakuan antara kedua kelas. Kelas kontrol dengan metode ceramah sedangkan untuk kelas eksperimen di berikan pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa nilai siswa setelah di berikan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT)rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 80,96 dan 62,4. Sehingga dengan adanya perlakuan pembelajaran yang berbeda terdapat peningkatan hasil belajar, mengalami ketuntasan dalam belajar. Dengan demikian hampir seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar yaitu mendapatkan nilai diatas 75. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem Di Kelas X IPA SMA Taman Siswa.