ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi hewan invertebrata ditinjau dari faktor penyebab kesulitan belajar siswa berdasarkan faktor internal dan eksternal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sampel 50 siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Instrumen penelitian adalah angket dan data dianalisis dengan teknik persentase. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari materi hewan invertebrata ada dua faktor. Faktor internal terdiri dari kesehatan, minat, motivasi, intelegensi serta psikiatik dan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, materi hewan invertebrata serta media. Penelitian pada faktor internal menujukkan bahwa: (1) Kesehatan sebesar 98,95% termasuk kategori sangat menghambat, (2) Minat sebesar 78,02% termasuk kategori menghambat, (3) Motivasi sebesar 85,46% termasuk kategori sangat menghambat, (4) Intelegensi sebesar 81,25% termasuk kategori menghambat, (5) Psikatik sebesar 89,37% termasuk kategori sangat menghambat. Sedangkan hasil penelitian pada faktor eksternal menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan Sekolah sebesar 85,17% termasuk kategori sangat menghambat, (2) Lingkungan Keluarga sebesar 72,18% termasuk kategori menghambat, (3) Materi Hewan Invertebrata sebesar 46,51% termasuk kategori cukup menghambat, (4) Media sebesar 77,0% termasuk kategori menghambat.