Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada materi Sel. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan teknik purposif sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan sebanyak 95 orang pada semester ganjil tahun pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini berjumlah 63 orang, yaitu kelas eksperimen I/kelas XI IPA 1 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sebanyak 32 orang dan kelas eksperimen II/kelas XI IPA 3 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Hasil pretest yang diperoleh untuk nilai rata-rata pada kelas Eksperimen I yaitu 40 dengan standar deviasi 9,24, dan untuk kelas eksperimen II nilai rata-rata 37,25 dengan standar deviasi 8,44, hal ini menunjukkan pre-test untuk kelas eksperimen I > kelas eksperimen II. Rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperimen I yaitu 76,87 dengan standar deviasi 7,8 sedangkan rata-rata untuk kelas eksperimen II yaitu 72,7 dengan standar deviasi 8,5. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan taraf signifikan nyata 0,05. Setelah kedua kelas dinyatakan berdistribusi Normal dan Homogen lalu dilakukan uji kesamaan rata-rata diperoleh thitung = 2,06 > ttabel = 1,99. Hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada materi Sel.