Daftar Isi:
  • Berdasarkan penelitian dari hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang masih belum mencapai KKM dan perlu ditingkatkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Word Square pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan populasi penelitian seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan terdiri dari 6 Kelas dengan jumlah 189 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu XI MIA 2 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas Talking Stick, dan XI MIA 3 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas Word Square. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Sistem Peredaran Darah. Untuk keseluruhan, model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick memiliki hasil (