PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 15 MEDAN TP. 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM (Make A Match) dengan Mind Mapping pada mata pelajaran biologi materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan TP. 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel dengan total 68 siswa. Kelas pertama diajarkan dengan model MAM (Make A Match) dan kelas kedua diajarkan dengan model Mind Mapping. Nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model MAM (Make A Match) adalah 82,02 dengan SD = 4,57, dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Mind Mappingadalah 85,65 dengan SD = 4,31. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa hasil belajar siswa dikelas Mind Mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa dikelas MAM (Make A Match). Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas melihat, aktivitas mendengar, aktivitas berbicara, dan aktivitas menulis dengan nilai rata-rata aktivitas 82,4 untuk kelas MAM (Make A Match), dan 85,9 untuk kelas Mind Mapping. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa aktivitas dikelas Mind Mapping lebih tinggi dari aktivitas dikelas MAM (Make A Match). Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada model MAM (Make A Match) pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.