KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI MAN 2 MODEL MEDAN T.P. 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi empirik tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di MAN 2 Model Medan, dan efeknya terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi empirik tentang: 1) keterampilan berpikir kritis dan 2) hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan T.P 2019/2020 setelah mengikuti pembelajaran biologi menggunakan model inkuiri terbimbing. Desain penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan pembelajaran biologi di dua kelas paralel selama bulan Februari-April 2020. Pada masing-masing kelas dilakukan pembelajaran biologi sebanyak 3 (tiga) pertemuan. Keterampilan berpikir kritis diukur setelah pembelajaran menggunakan intrumen tes essay. Kemampuan kognitif diukur menggunakan teknik pretest dan posttest menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis kategori sangat kritis ditemukan pada aspek memberikan penjelasan sederhana dan membangun keterampilan dasar, kategori kritis pada aspek memberi penjelasan lanjut dan mengatur strategi dan taktik, dan kategori cukup kritis dalam aspek membuat kesimpulan. hasil belajar siswa dengan model inkuiri terbimbing terjadi peningkatan hasil belajar pada kategori sedang.