Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis sumber belajar online yang dimanfaatkan pada materi sistem koordinasi oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui frekuensi pemanfaatan sumber belajar online pada materi sistem koordinasi di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif murni dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik kuesioner (angket terbuka) sehingga mampu menggali lebih dalam tentang pemanfaatan sumber belajar online pada materi sistem koordinasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan.Sebagai objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 kelas, dengan sampel sebanyak 50% dari total populasi dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun hasil dari penyebaran angket dapat diketahui bahwa semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan memiliki smartphone dan laptop. Semua siswa memanfaatkan lebih dari satu sumber belajar online dalam proses pembelajaran Biologi khususnya pada materi sistem koordinasi. Jenis-jenis sumber belajar yang dimanfaatkan siswa adalah Brainly, Youtube, Rumah belajar, Zenius, Quipper school dan Ruang guru.Frekuensi siswa memanfaatkan sumber belajar online yaitu sebanyak 3 kali seminggu sampai 5 kali seminggu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa jenis-jenis sumber belajar online yang dimanfaatkan oleh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan yaitu Brainly, Youtube, Rumah belajar, Zenius, Quipper school, dan Ruang guru. Frekuensi mengakses sumber belajar online pada sampel siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2019/2020 untuk kebutuhan belajar sebanyak 3 kali seminggu sampai 5 kali seminggu.