PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU BIOLOGI SMA NEGERI 12 MEDAN KECAMATAN HELVETIA TENGAH PADA T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Pedagogical Content Knowledge guru Biologi di SMA Negeri 12 Medan Kecamatan Helvetia Tengah Pada T.P 2019/2020. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah guru biologi SMA Negeri 12 Medan sebanyak 4 orang yang telah sertifikasi. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian berupa tes pilihan berganda dan angket dengan skala likert. Analisis data yang digunakan peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian PCK guru berdasarkan tujuh komponen adalah komponen pengetahuan materi pembelajaran sebesar 74% (baik). Komponen pengetahuan peserta didik dan karakteristiknya sebesar 56,25% (cukup baik). Komponen pengetahuan pedagogik umum sebesar 75% (baik). Komponen pengetahuan konten pedagogi sebesar 50% (kurang baik). Komponen pengetahuan strategi mengajar sebesar 56,25% (cukup baik). Komponen pengetahuan konteks pembelajaran sebesar 65% (baik). Komponen pengetahuan kurikulum sebesar 87,5% (sangat baik). Maka dapat disimpulkan bahwa Profil Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki guru Biologi SMA Negeri 12 Medan adalah baik.