PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SALAK T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe Group Investigation pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMAN N 1 Salak Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel dengan total 48 siswa. Kelas pertama diajarkan dengan model Jigsaw dan kelas kedua diajarkan dengan model Group Investigation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal pilihan berganda yang berjumlah 40 soal yang telah divalidasi oleh validator. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil, diperoleh ada perbedaan dari model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Group Investigation (GI) . Hasil post test nilai rata-rata kelas Jigsaw adalah 89.7 dan nilai rata-rata kelas Group Investigation (GI) adalah 84.3. Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas melihat, aktivitas mendengar, aktivitas berbicara, dan aktivitas menulis dengan nilai rata-rata aktvitas 83,30% untuk kelas Jigsaw, dan 80,9% untuk kelas Group Investigation (GI). Maka disimpulkan bahwa ada perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), dengan aktivitas pada kedua model sangat baik pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMAN 1 Salak Tahun Pembelajaran 2019/2020.