ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar siswa dan apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan dalam mempelajari materi sistem saraf di kelas XI MIA SMA Swasta IMELDA Medan T.P 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA. Sampel diambil menggunakan total sampling, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar 41.49 %, pemahaman (C2) sebesar 44.14 %, aplikasi (C3) sebesar 59.10 %, analisis (C4) sebesar 67.17 %, evaluasi (C5) sebesar 54.89 %, dan kreasi (C6) sebesar 79.79 %. (2) Selanjutnya aspek pada Indikator pertama sebesar 75.32%, indikator kedua 64.99%, indikator ketiga 59.10 % dan indikator keempat 58.30%. (3) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di tinjau dari aspek internal maupun eksternal. faktor internal meliputi: kesehatan sebesar 70.74 %, daya ingat sebesar 60.37 %, minat sebesar 59.75 %, motivasi sebesar 65.07 %, dan psikis sebesar 61.44 %. Sedangkan pada aspek eksternal meliputi: kualitas guru sebesar 56.21 % , metode pengajaran sebesar 59.71 %, sarana dan pra sarana sebesar 56.29 %, keluarga sebesar 58.16 %, dan faktor lingkungan sebesar 64.63 %.