Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flip book terhadap keterampilan metakognitif siswa pada materi Kingdom Animalia, dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flip book terhadap sikap siswa pada materi Kingdom Animalia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA sebanyak 7 kelas. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu kelas X MIA 3 sebanyak 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket keterampilan metakognitif, angket sikap siswa terhadap materi kingdom animalia, wawancara, dan lembar observasi yang telah divalidasi oleh validator. Hasil penelitian didapatkan media pembelajaran flip book berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa pada pembelajaran biologi materi Kingdom Animalia di kelas X MIA 3 SMA Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan persentase rata-rata yang didapatkan siswa yaitu sebesar 74,1% pada komponen pengawasan diri, 69,1% pada komponen perencanaan, 67,3% pada komponen pemahaman strategi, 61,1% pada komponen evaluasi dan 59,7% pada komponen manajemen (keseluruhan masuk dalam kategori sudah berkembang). Sedangkan media pembelajaran flip book berpengaruh terhadap sikap siswa pada pembelajaran biologi materi Kingdom Animalia di kelas X MIA 3 SMA Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan persentase rata-rata yang didapatkan siswa yaitu sebesar 83,6% pada indikator tanggung jawab, 79,4% pada indikator peduli, 78,3% pada indikator jujur, 78,0% pada indikator disiplin dan 59,1% pada indikator kreatif.