Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan tipe Jigsaw pada materi sel kelas XI IPA SMA Swasta Yapim Biru-Biru T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel diambil secara total sampling dan diperoleh sampel untuk kelas Two Stay Two Stray (XI IPA-1) sebanyak 32 orang dan untuk kelas Jigsaw (XI IPA-2) sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah 74,46 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu 70,12. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t (uji dua pihak) pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan nilai t¬hitung > ttabel (2,11 > 1,99) maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan tipe Jigsaw pada materi sel kelas XI IPA SMA Swasta Yapim Biru-Biru T.P 2019/2020.