Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dan Talking Stick (TS) pada sub materi invertebrata di kelas X IPA SMA Negeri 1 Pangururan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas X IPA 1 dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dan X IPA 2 dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas eksperimen 2 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick (TS). Teknik analisis yang digunakan yaitu uji perbedaan nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 pada data pretest yaitu sebesar 57,12 dan 57,12. Pada nilai post-test kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu sebesar 85,30 dan 81,21. Sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 pada data pretes yaitu sebesar 85,41 dan 85,32. Pada nilai post-test kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu sebesar 87,31 dan 86,79. Data pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data bersifat homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dan Talking Stick (TS), hal ini dapat dilihat dari thitung > ttabel = (2,01 > 1,669). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dan Talking Stick (TS), hal ini dapat dilihat dari thitung > ttabel = (1,793 > 1,669).