Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan praktikum pada materi Tumbuhan Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji) dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 72 orang dan 1 orang guru biologi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang ditentukan dengan teknik total sampling. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian terhadap ketersediaan alat dan bahan praktikum pada materi Tumbuhan Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji) diperoleh persentase (95,04%) serta kondisi ruangan laboratorium biologi yang sangat baik dengan persentase (93,44%). Mengenai pelaksanaan praktikum pada materi Tumbuhan Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji) diperoleh hasil dengan minat terhadap kegiatan laboratorium (86,17%), keadaan laboratorium (78,09%), waktu pelaksanaan praktikum (79,29%), persiapan dan pelaksanaan praktikum (80,88%), laporan evaluasi praktikum (84,29%). Aspek yang diamati pada tiap ragam keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum diperoleh hasil mulai dari mengamati (86,65%), mengelompokkan (88,75%), menafsirkan (84,15%), meramalkan (79,58), melakukan komunikasi (88,4%), mengajukan pertanyaan (79,55%), mengajukan hipotesis (88,75%), merencanakan percobaan (93,3%), menggunakan alat dan bahan (91,25%), menerapkan konsep (86,65%), melakukan percobaan (90,8%). Kendala yang dihadapi guru pada saat proses pelaksanaan praktikum adalah belum tersedianya buku penuntun praktikum, meskipun mereka tidak memiliki buku penuntun praktikum mereka menggunakan buku paket dan Lembar Kerja Siswa sebagai buku panduan untuk melaksanakan kegiatan praktikum dan ada beberapa siswa duduk belum sesuai dengan anggota kelompok yang sudah ditetapkan oleh guru.