PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI LICHENES DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi empirik tentang penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (aspek kognitif dan afektif) pada Materi Lichenes di Universitas Negeri Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Februari-April 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan postest, serta lembar Kerja Mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah menguji hipotesis. Hasil belajar materi lichenes (kognitif dan afektif) mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2019 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media articulate storyline lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang masih diajarkan dengan menggunakan metode ceramah dan tanyak jawab yaitu aspek kognitif kelas eksperimen rata-rata 86,36 dan afektif 63,03%. sedangkan aspek kognitif kelas kontrol adalah 82,2 dan afektif sebesar 62,5%.