PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KUALA T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian quasi eksperiment ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran e-learning berbasis google classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kuala T.A 2019/2020.Sampel penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2. Disain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data terdiri dari soal kognitif berbentuk pilihan berganda dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,06 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol 80,37, dan nilai rata-rata angket minat belajar kelas eksperimen 85,03 lebih tinggi dari nilai rata-rata angket minat belajar kelas kontrol 73,77. Analisis pengujian hipotesis menggunakan SPPS 21 dengan metode independent samples t-test dengan α = 0,05 (Sig.< 0,05),diperoleh Sig. hasil belajar sebesar 0,031 dan Sig. minat belajar sebesar 0,014, maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa hasil belajar dan minat belajar kedua kelas adalah berbeda. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengimplementasian model pembelajaran e-learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kuala T.A 2019/2020.