PEMANFAATAN JURNAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA MATERI LICHENS DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan jurnal sebagai sumber belajar, keterampilan proses sains mahasiswa, serta mengetahui peranan jurnal dalam penerapan keterampilan proses sains mahasiswa pada materi Lichens di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Reguler angkatan 2019 yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Pendidikan Biologi Reguler A dan B 2019, yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemanfaatan jurnal sebagai sumber belajar mahasiswa pada materi Lichens termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata keseluruhan sebesar 2,88. Untuk hasil keterampilan proses sains mahasiswa pada materi Lichens termasuk dalam kategori baik yang diperoleh dari hasil tes dengan nilai rata-rata 6,35 dan diperoleh dari hasil lembar observasi dengan nilai rata-rata 71. Secara keseluruhan, rata-rata keterampilan proses sains mahasiswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase 67,02%. Jurnal berperan dalam penerapan keterampilan proses sains mahasiswa jurusan biologi pada materi Lichens di Universitas Negeri Medan, hal ini dapat diketahui berdasarkan perolehan hasil lembar observasi keterampilan proses sains yang termasuk dalam kategori baik.