Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah siswa pada materi Sistem Respirasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas dengan total populasi sebanyak 202 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 dilakukan secara porpusive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap tindakan di siklus I digunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sedangkan di siklus II digunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan dilaksanakan praktikum. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket sebagai alat pengumpul data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kemampuan berpikir tingkat pada materi Sistem Respirasi pada Manusia tergolong baik dan meningkat dari siklus I yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar terdapat 24 siswa yang termasuk kategori tuntas dan 12 siswa lainnya masih termasuk kategori tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II yang menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar yakni 33 siswa telah termasuk kategori tuntas dan hanya terdapat 3 siswa yang termasuk kategori tidak tuntas. Sikap ilmiah siswa pada materi Sistem Respirasi pada Manusia tergolong baik dengan rata-rata sebesar 78,54. Sebanyak 16 siswa termasuk kategori sangat baik dan sebanyak 20 siswa termasuk kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tergolong tinggi dan sikap ilmiah siswa pada materi Sistem Respirasi tergolong baik.