ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MIA SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan gambaran pelaksanaan pembelajaran biologi pada materi ekosistem dengan menerapkan kurikulum 2013 dikelas X MIA SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 10 kelas dengan total populasi sebanyak 400 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa dilakukan menggunakan teknik Slovin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan instrumen soal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai rata-rata 67. Kemampuan berpikir kritis siswa paling banyak berada pada kriteria sedang berjumlah 38 siswa dengan rentang nilai 65 - 79, disusul kriteria rendah yang berjumlah 30 siswa dengan rentang nilai ≤64, kriteria tinggi yang berjumlah 11 siswa dengan rentang nilai 80 - 89 dan 1 siswa saja yang memiliki kemampuan berpikir kritis pada kriteria sangat tinggi dengan rentang nilai 90 – 100. Gambaran pelaksaan pembelajaran biologi di SMAN 13 Medan peneliti melihat bahwa guru biologi menerapkan pendekatan saintifik dalam langkah-langkah pembelajaran, terutama pada kegiatan inti pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X MIA SMA Negeri 13 Medan pada materi ekosistem berada pada kategori sedang.