Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan tingkat kesulitan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi stambuk 2017 pada mata kuliah Struktur Hewan di Universitas Negeri Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Populasi dan sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 58 mahasiswa dari Pendidikan Biologi stambuk 2017 di Universitas Negeri Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket terlebih dahulu diuji validasi, kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan software microsoft excel. Tingkat kesulitan belajarmahasiswa dari setiap indikator yaitu; korelasi antara indikator minat dengan hasil belajar sebesar 0,96, korelasi antara indikator motivasi dengan hasil belajar sebesar 0,97, korelasi antara indikator dosen dengan hasil belajar sebesar 0,98, korelasi antara indikator materi sebesar 0,95, korelasi antara indikator beban tugas dengan hasil belajar sebesar 0,97, korelasi antara indikator diktat dengan hasil belajar sebesar 0,96, korelasi antara indikator fasilitas kampus dengan hasil belajar sebesar 0,96. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kesulitan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi stambuk 2017 pada mata kuliah Struktur Hewan di Universitas Negeri Medan dengan kontribusi kesulitan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Struktur Hewan sebesar 20,25% dan sisanya sebesar 79,75% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diukur secara empiris dalam penelitian ini.