PERBANDINGAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII SMA DIBELAJARKAN BERDASARKAN KTSP DAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KOTA MEDAN T.P 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan KTSP dan yang dibelajarkan dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10, SMAN 12, SMAN 15 yang menggunakan KTSP dan SMAN 2, SMAN 7, SMAN 18 Medan yang menggunakan Kurikulum 2013 T.P 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif komparasi kuantitatif dengan sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian masing-masing sekolah berjumlah 32 sampel siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data diperoleh kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan dengan KTSP dan Kurikulum 2013 masuk dalam kriteria cukup, dengan skor rata-rata kemandirian belajar siswa dibelajarkan dengan KTSP sebesar 65 dan Kurikulum 2013 sebesar 75. Hasil uji t-test diperoleh thit=2,313>ttab=1,972 dengan taraf sig α =0,05, maka thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan nilai rata-rata antara kemandirian belajar siswa kelas XII yang dibelajarkan dengan KTSP dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi. Sedangkan pada hasil belajar siswa diperoleh hasil analisis data bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan KTSP dan Kurikulum 2013 masuk dalam kriteria cukup, dengan skor rata-rata kemandirian belajar siswa dibelajarkan dengan KTSP sebesar 74,83 dan Kurikulum 2013 sebesar 78,82. Hasil uji t-test diperolah thit=3,313>ttab=1,972 dengan taraf sig α =0,05, maka thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan nilai rata-rata antara hasil belajar siswa kelas XII yang dibelajarkan dengan KTSP dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi.