EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI MIA SMA N 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 180 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas XI MIA 3 yang berjumlah 36 orang. Disain penelitian yang digunakan adalah pretest dan postest. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 30 soal. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Togetheri (NHT) efektif digunakan pada materi sistem pencernaan manusia. Nilai rata-rata hasil belajar pretest adalah 44,13 dengan SD = 7,11, dan rata-rata hasil belajar postest adalah 83,33 dengan SD = 5,60. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikatakan efektif jika memenuhi kriteria keefektifan yaitu: Tingkat penguasaan siswa, ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 83,33 termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 94,44% termasuk kategori tuntas, dan ketercapaian indikator mencapai 86,92% termasuk kategori tercapai. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa kriteria efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) semuanya telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) efektif digunakan pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2019/2020.