Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan sikap siswa pada materi Sistem Saraf berdasarkan pendekatan saintifik di kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan total populasi sebanyak 70 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 dengan teknik total sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan tes dan angket sebagai alat pengumpul data. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir Kritis di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Serbajadi memiliki nilai rata-rata sebesar 72,2. Hal ini ditunjukkan dari persentase jawaban dari tes yang mencakup C4 (menganalisis) sebesar 76%, C5 (mengevaluasi) sebesar 65% dan C6 (mencipta/mengkreasi) sebesar 62%. Secara keseluruhan, sebanyak 2 siswa termasuk kategori sangat baik, 68 siswa termasuk kategori baik. Sikap siswa yang telah diukur di kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Serbajadi memiliki nilai rata-rata sebesar 68. Sebanyak 5 siswa termasuk kategori sangat baik, sebanyak 55 siswa termasuk kategori baik dan sebanyak 10 siswa kategori cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tergolong baik dan sikap siswa pada materi Sistem Saraf tergolong baik.