HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KINGDOM PLANTAE SISWA DI KELAS X IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar biologi pada pokok bahasan kingdom plantae dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dan untuk mengetahui adakah hubungan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di MAN 2 Model Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3, X IPA 4, X IPA 5 dan X IPA 7 yang berjumlah 144 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan data berdasarkan apa adanya kenyataan di lapangan dengan instrumen penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes objektif, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu uji normalitas, uji korelasi dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS 22 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterampilan proses sains siswa kelas X IPA MAN 2 mendapatkan skor rata-rata postes sebesar 1,22 dengan nilai 61 dalam kategori pencapaian “Baik”. 2) hasil belajar biologi aspek kognitif siswa kelas X IPA MAN 2 mendapatkan skor rata-rata postes sebesar 1,91 dengan nilai 67 dalam kategori pencapaian “Baik”. 3) hubungan keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi aspek kognitif siswa pada pokok bahasan kingdom plantae dengan penerapan discovery learning berdasarkan hasil uji korelasi Pearson mendapatkan nilai korelasi sebesar 0,712 yang membuktikan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi aspek kognitif memiliki hubungan.