PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS VII MTs Ex Pga UNIVA MEDAN T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi penyajian data di kelas VII MTs Ex Pga UNIVA Medan T.A 2019/2020 yang telah dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan tipe ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Sampel dalam penelitian yaitu kelas VII-D yang terdiri dari 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian ini adalah kelayakan media pembelajaran berbasis powtoon memperoleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media sebesar 86%yang berada pada kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 87,9% yang berada pada kategori sangat layak. Maka media yang telah dikembangkan dan direvisi telah valid dan layak untuk digunakan dan di uji cobakan kepada siswa dan guru. Kepraktiksan hasil penilaian berdasarkan angket respon guru memperoleh nilai sebesar 83,8% yang berada pada kategori sangat praktis dan hasil penilaian respon siswa berdasarkan angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 85,08% yang berada pada kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media yang telah dikembangkan mendapatkan respon yang baik dari guru dan siswa dan memperoleh kriteria “sangat praktis”.