Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling berjumlah 40 sampel. Istrumen dalam penelitian ini adalah angket yang berjumlah 24 butir dan tes uraian yang berjumlah 3 butir soal. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan persamaan regresi linear sederhana . Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhaadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020 yang ditunjukkan dengan ( ), ( ) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi ( ). Dengan kontribusi pengaruh sebesar . Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020 yang ditunjukkan dengan ( ) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi ( ). Hubungan yang ada ditunjukkan dengan nilai , artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka akan semakin tinggi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, begitu pula sebaliknya.