ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan sikap kemandirian belajar siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran kumon. Jenis penelitian ini adalah riset kepustakaan atau studi literatur sehingga data yang diperoleh adalah data sekunder yang berasal dari kumpulan literatur seperti jurnal dan skripsi yang relevan dengan topik pembahasan. Teknik analisis data dengan cara analisis isi dan analisis deskriptif yaitu menganalisis, mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil temuan literatur. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat setelah pengerjaan lembar kerja kumon yang dikerjakan sesuai dengan kemampuan siswa secara berulang dan bertingkatserta membawa dampak positif terhadap kemandirian belajar setelah pengerjaan lembar kerja kumon yang diselesaikan secara mandiri dan terus menerus. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa SMP yang menerapkan model pembelajaran kumon dalam proses belajar matematika akan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan membawa dampak positif serta dikategorikan baik dalam sikap kemandirian belajar.