ANALISIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika (PMRE) dan kelebihan pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika (PMRE). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis dimana etnomatematika yang diterapkan disesuaikan dengan materi yang tepat. Beberapa kelebihan pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika yang telah dianalisis diantaranya adalah a) PMRE memberikan pengertian yang jelas kepada siswa tentang kehidupan sehari-hari dan kegunaan umumnya bagi manusia; b) PMRE memberikan pengertian yang jelas bahwa dalam mempelajari matematika proses pembelajaran merupakan sesuatu yang utama; c) PMRE menyediakan lingkungan pembelajaran yang menciptakan motivasi yang baik dan menyenangkan; d) PMRE mampu memberikan kompetensi afektif dalam belajar yang berupa terciptanya rasa menghargai, nasionalisme dan kebanggaan; e) PMRE mendukung kemampuan-kemampuan siswa sesuai dengan harapan implementasi pendekatan saintifik jika diterapkan pada materi yang tepat. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik memiliki efektifitas lebih baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.