PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 70 siswa. \Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 MEDAN”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Ada Pengaruh yang model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 MEDAN”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeru 12 MEDAN yang berjumlah 70 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, angket, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Theta dan Uji X 2 (Kai Kuadrat). Berdasarkan hasil analisis data, bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode group investigation lebih baik daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan metode group investigation. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 77.63, sedangkan kelas kontrol sebesar 67.71. Berdasarkan dari hasil perhitungan uji-t yang menghasilkan thitung = 4.1471 dengan dk = 68 dan ttabel adalah 1.995 dengan taraf signifikan α = 5%, sehingga didapat thitung>ttabel, maka kesimpulannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima, artinya Ada Pengaruh Metode Group investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah kela X IPS SMA Negeri 12 Medan.