UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) di kelas X IPA SMA GKPI Padang Bulan Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA yang berjumlah 35 orang siswa. Pengamatan aktivitas siswa dilakukan oleh observer. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan silus I sampai III. Pada siklus I sampai III. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 74 dan ketuntasan klasikal 57,1% (Tidak Tuntas), pada siklus II di peroleh nilai rata-rata 78,2% dan ketuntasan klasikal 80 % dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 83,1 dan ketuntasan klasikal 91%. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa peningkatan aktivitas siswa yang sangat aktif pada 20% (siklus I), 22,8% (siklus II) dan 31,4% (siklus III), yang aktif 40% (siklusI), 57,1% (siklus II) dan 60% (siklus III), yang cukup aktif 25,7% (siklus I), 11,4% (siklus II) dan 5,7% (siklus III), yang kurang aktif 14,2% (siklus I), 8,57% (siklus II) dan 2,8% (siklus III).hal ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dikelas X IPA SMA GKPI Padang Bulan Medan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dari siklus I sampai siklus III.