PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERIKEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIASMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan pada T.P. 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 7 kelas dan jumlah seluruhnya 245 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas X MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 35 orang siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen sebesar 70,51± 5,45 dan nilai rata-rata kemampuan kognitif sebesar 78,4 ± 7,59. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas kontrol sebesar 58,34 ± 8,03dan nilai rata-rata kemampuan kognitif sebesar 61,94 ± 9,96. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, diperoleh nilai thitung > ttabel (1,769 > 1,669) untuk keterampilan proses sains dan untuk kemampuan kognitif thitung > ttabe (1,912 > 1,669). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan T.P. 2019/2020.