Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh variabel budaya sekolah, spiritual capital, komitmen organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru uks Sekolah Dasar Negeri (SDN); (2) Mengetahui rancangan model (fixed model) atau model teoritik yang dapat menggambarkan hubungan kausal antara variabel laten terhadap kinerja. Penelitian dilakukan terhadap guru uks Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Banda Aceh, dengan melibatkan 174 orang guru. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner bentuk pilihan ganda dengan model skala likert. Sebelum melaksanakan penelitian, dilakukan uji coba instrumen dengan tujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Uji validitas dengan Korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas dengan formula Alpha Cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan dua tahap, yaitu secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif bertujuan untuk menggambarkan karakteristik data, meliputi mean, median, mode dan variance. Analisis inferensial digunakan untuk pengajuan dan uji hipotesis. Uji persyaratan analisis mencangkup uji normalitas dan uji regresi linieritas. Pengujian normalitas variabel penelitian digunakan uji Liliefors. Pengujian regresi linieritas antara variabel digunakan statistik bantuan SPSS v.20. Hasil penelitian adalah (1) Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap spiritual capital 0.470, (2) Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi 0.482, (3) Spiritual capital berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja 0.171, (4) Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja 0,223, (5) Komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja 0.174, (6) Budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru 0.128, (7) Spiritual capital berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru sebesar 0.278, (8) Komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru 0.223, dan (9) Motivasi kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru 0.411. Kesimpulan budaya sekolah, spiritual capital, komitmen organisasi motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru uks Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Banda Aceh. Saran, guru berupaya untuk memberikan berupa perbaikan dalam meningkatkan kinerjanya agar menjadi semakin baik