Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 050604 Bekiun Tahun Pelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan pendidikan untuk mempersiapkan individu yang memiliki kemampuan dan keterampilan menjadi lebih baik. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran project based learning dibandingkan dengan model direct instruction terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD. (2) Mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan keterampilan sosial rendah di kelas yang di ajarkan menggunkan model pembelajaran project based learning. (3) Mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan keterampilan sosial rendah di kelas yang di ajarkan menggunkan model pembelajaran direct instruction. (4) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran project based learning dengan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan uji-Tuckey. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil Belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi dengan nilai rata-rata 75,04 lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model Direct Instruction dengan nilai rata-rata 65,72. (2) Hasil Belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan nilai rata-rata 84,27 lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dengan nilai rata-rata 67,79 yang diajarkan menggunakan model Project Based Learning. (3) Hasil Belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan nilai rata-rata 73,36 lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dengan nilai rata-rata 56,00 yang diajarkan menggunakan model Direct Instructio. (4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan dan tingkat keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas V SD Negeri 060504 Bekiun karena diperoleh hasil Fhitung (7,68) > Ftabel (4,60).